Minggu, 16 September 2012

Cara membuat jenang

Yuk…  kita coba membuat jenang ketan ala Mangunweni….  Dalam hal ini kita akan membahas mengenai pembuatan jenang ketan, yang kebanyakan orang tahu kalau jenang ketan itu makanan tempo dulu, tapi sekarang banyak juga orang yang suka makanan jenang ketan yang sekarang bermacam-macam jenis cita rasa yang disajikan.
Berhubung saya asli Mangunweni, saya akan membahas tentang bahan dan cara pembuatanya. Ya… kata orang ini bisa dibilang sharing biar tambah ilmu gitu, sapa tau ada yang mau buat masakan tersebut he….he…he….
Langsung aja ya ke pokok masalah, hal pertama yang harus disiapkan adalah bahan tentunya.
Bahan- bahan jenang ketan:
  1. Tepung beras ketan murni sebanyak 10 kg
  2. Gula merah super sebanyak 15 kg
  3. Kelapa sebanyak 30 biji
  4. Minyak goreng 1 kg
Cara membuatnya:
  1. Giling beras hingga halus
  2. Buat santan dari ampas kelapa, perasan santan kelapa yang pertama dimasak sampai jadi minyak, dan perasan santan yang selanjutnya buat campuran tepung ketan, aduk santan dan tepung sampai merata.
  3. Setelah santan yang dimasak sudah jadi minyak, masukan gula merah untuk pertama kalinya masukan sekitar 5-6 kg.
  4. Setelah gula meleleh masukan adukan tepung tersebut, dan aduk sampai adonan menggumpal. Kemudian masukan gula sisanya.
  5. Aduk terus sampai semuanya tercampur, pastikan kondisi api tetap stabil agar percampuran adonan bisa sempurna. Aduk sampai matang usahakan jangan sering berhenti agar adonan tidak menjadi gosong.
  6. Semua proses pemasakan dari awal adonan dimasak dengan bahan dengan jumlah tersebut diatas berkisar sekitar 3 / 4 jam, dan untuk mengetahui bahwa jenang sudah masak adalah pada saat jenang sudah dipegang nggak lengket, maka jenang tersebut sudah siap diangkat. Dan cetak sesuai selera.

Demikianlah cara pembutan jenang semoga bisa membantu jikalau ada yang ingin membuat dan memproduksikanya. Jenang dengan sejumlah bahan tersebut diatas, kalau sudah matang menjadi kurang lebih 28-30 kg.



- Google
- Yahoo
- Foredi
- Generator
- Laptop Reviews
- Beauty counter
- Asus Laptop Reviews
- Mengatasi Ejakulasi Dini
- Portable diesel generator
- Portable diesel generator reviews
- SEO Tutorial 
-http://jenangmuhtarom.blogspot.com/2012/09/jenang-pak-muchtarom.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar